Senin, 20 Mei 2013

Pencarian... tatapan awal yang salah




JBF. Jakarta Book Fair 2012. Sambil menunggu teman – teman lain memburu buku masing – masing, aku berusaha terus mencari sebuah novel fiksi. Gawat, aku lupa penerbitnya. Googling sebentar, barulah kemudian aku menemukan penerbit dari novel incaran. Serambi mizan penerbitnya, Rahasia Meedejudulnya, E.S Ito pengarangnya, 2008 tahun terbitnya. Mas – mas di Mizan bilang, jika buku sudah tidak ada di peredaran, akan dikembalikan ke percetakan. Maka aku tanya dimana percetakan Mizan. “Jagakarsa” katanya. Mengapa aku sampai segitunya berusaha mendapatkan novel itu? Begini ceritanya..
Awalnya saya bingung, kenapa judul novel ini adalah Rahasia Meede? Memang, di dalam buku ini menggunakan sedikit percakapan dan istilah – istilah Belanda. Barulah di 2/3 dari halaman buku, saya menemukan alasannya. Meede adalah nama putri dari Sr Erberveld. Dan Erberveld adalah keturunan dari salah satu anggota Monsterverbond. Suatu kelompok yang memegang kunci dimana letak harta karun VOC berada.
Yang membuat novel ini menarik adalah, novel ini memuat unsur – unsur yang tidak dimuat pada novel lain pada umumnya. Politik, sejarah, budaya dan hukum negeri kita tercinta, Indonesia. Semuanya dikemas dalam cerita yang menarik dan gagasan – gagasan cerdas. Pernah membaca komik Death Note? Menonton City Hunter? Seperti itulah kira - kira. Kejar – kejaran antara seorang dari organisasi intel profesional Sandi Yudha yang bernama Rudi, dengan seorang yang di cap sebagai buronan kejahatan politik, Attar Malaka.
Kamu tau apa lagi yang menarik? Seluruhnya di balut sastra, sajak potongan Chairil Anwar dan Tan Malaka. Novel ini menggambarkan dua orang sahabat yang saling memburu, mempertahankan ideology dan pemahaman masing – masing. Mereka sama – sama mencintai sastra, cinta Indonesia, namun bergerak dalam jalan masing – masing. Satu tokoh penting adalah seorang dengan nama sandi Melati Putih, ia sebagai eksekutor andal yang menumpas orang – orang kebal hukum (jadi seperti Lee Min Ho di City Hunter).
Pemburuan pemuda – pemuda mentawai yang bertato pada era Soeharto, kekecewaan mendalam terhadap eksekusi Tan Malaka, retaknya hubungan dwitunggal Hatta dan Soekarno, perburuan sahabat terbaik sekaligus musuh terhebat di pelosok Banda, hingga terpecahnya misteri kebangkrutan VOC dan emas – emas negeri yang direnggut Monsterverbond dari VOC. Rasanya, seluruh aspek dikemas oleh E,S Ito dalam novel ini. Komik secerdas dan selugas Death Note, Conan, City Hunter ditampilkan dalam novel ini. Rahasia Meede adalah novel pintar yang beraroma nuasantara. Salah satu bacaan yang menarik bagi kamu yang kritis akan perpolitikan Indonesia, penikmat sejarah dan pencinta sastra. Nusantara sangat. Puitis. Kritis. Nasionalis. Dan mengharukan.. J

#Kisah 2 pemuda yang merepresentasikan kecintaan pada negeri dengan cara berbeda, hingga akhirnya mereka tersadar, masa depan negeri kaya nan melarat ini ada di tangan generasi berikutnya!! Competition is not the way out, Cooperation is the most important.

btw, nama sandi salah satu tokoh utama disini adalah Attar Malaka. Saya dapet hal menarik dari Meraba Indonesia dan biografi Mohammad Hatta
Tan Malaka : nama aslinya Ibrahim, Malaka adalah nama gelar yang diberikan oleh penduduk Payakumbuh (desanya)
Mohammad Athar (Bung Hatta) : sejak kecil mendapat nama panggilan Atta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar